Jumat, 17 Mei 2013

Makalah Kriminalitas


MakalahTentangKriminal
A.  LatarBelakang
Kriminal adalah suatu tindak kejahatan  yang melanggar norma, aturan-aturan dan hukum sehingga membuat resah kita semua.
Kriminal merupakan suatu tindakan yang tidak asing lagi bagi kita, di era globalisasi ini semakin maraknya tindakan kriminal di Indonesia membuat banyak orang merasa was-was dan tidak nyaman. Tindakan kriminal dapat dilakukan oleh siapa saja, pria maupun wanita pada usia anak, dewasa maupun tua.
Tindakan kriminal dapat terjadi kapan saja dan dimana saja,apalagi tindakan kriminal sangatlah mudah terjadi apabila kita lengah atau lalai. Yang mendorong tindakan kriminal adalah untuk memenuhi kebutuhan, tidak mempunyai pekerjaan, tidak mempunyai keterampilan khusus, kurang bersosialisasi dengan masyarakat dan masih banyak penyebab tindakan kriminal lainnya.Maka dari itu kitaperlumengkajitentang pengertian, penyebab, jenis kriminalitas sehingga kita dapat mengetahui dampak dan solusi terhadap kriminalitas, agar terciptakondisi yang membuatkitamerasaaman.

B.  Tujuan
Tujuan dari pembahasan makalah ini adalah :
ü  Mengetahuihal-hal yang menyebabkan tindakan kriminal
ü  Mengetahui macam-macam tindakan kriminal
ü  Dampak-dampak tindakan kriminal

C.  Pembahasan
Ø  Hal-hal yang menyebabkan tindakan kriminal diantaranya adalah :
1.     Tidak bisa menempatkan diri dengan kondisi lingkungan di sekitar.
Contohnya: seseorang yang hendak bepergian jauh dengan menggunakan transpotasi umum, namun dalam kondisi tersebut pelaku menggunakan perhiasan yang mencolok sehingga mengundang seseorang untuk bertindak criminal dengan berusaha menjambret.
2.    Berpakaian terbuka.
Contohnya :saat seseorang keluar rumah dengan menggunakan T-shirt Pass Body dan Hotpen, maka  seseorang tersebut akan memicu tindakan criminal dengan pelecehan seksual bahkan bisa jadi pemerkosaan.
3.    Pamerharta benda.
Contohnya : si A berceritakepadatemannya R dan P bahwa  ia baru saja dibelikan oleh orang tuanya i-phone terbaru, kemudian si P bercerita dengan temannya si B. kebetulansi B juga mengenal si A dan ia tergiur oleh cerita si P, kemudian si B tergiur dan berusaha mendapatkan barang tersebut dengan mencurinya.
4.    Memenuhi kebutuhan
Contohnya : seorang ayah rela mecopet demi anaknya yang masih bayi telah ditinggal ibunya dengan kondisi yang serba kekurangan.
5.    Pengaruh lingkungan atau pergaulan
Contohnya : tawuran antar pelajar, seorang pelajar A yang dulunya pendiam setelah bergaul dengan B dan kawan-kawannya ia si A mulai mengikuti pergaulansi B dan kawan-kawannya yang sering tawuran.
6.    Pengangguran
Contohnya : seseorang yang sudah lama tidak bekerja melihat temannya yang sudah sukses dengan usahanya dan kini menjadi orang kaya di daerahnya, ia merasa iri terhadap kesuksesan dan kekayaan temannya tersebut dengan berbagi cara ia berusaha merebut itu semua dengan merampok atau bahkan membunuhnya.

Ø  Macam-macam tindakan kriminal :
a)    Penjambretan
b)   Pencurian
c)    Tawuran
d)   Pemerkosaan
e)    Pembunuhan
f)    Penipuan
g)    Merusak fasilitas umum
h)   Kenakalan remaja
i)     Dan lain-lain

Ø  Dampak tindakan kriminal :
·         Mengalami trauma setelah kejadian tersebut bagi korban.
·         Rasa khawatir yang berlebihan.
·         Dikucilkan bagi pelaku kriminal.
·         Merugikan masyarakat.
·         Mengganggu kesejahteraan lingkungan.
·         Merusak norma dan moral.

D.  Visidanmisi
 Visi dan misi makalah kami :
v  Menekankan kepada pembaca untuk lebih berhati-hati.
v  Bersikap waspada dimanapun kita berada.
v  Bisa menempatkan diri dengan kondisi yang ada.
v  Tidak mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal.
v  Tidak berpakaian yang dapat menimbulkan tindak criminal.




E.  Kesimpulan
Kriminal adalah suatu tindak kejahatan  yang melanggar norma, aturan-aturan dan hukum sehingga membuat resah kita semua.
Bersikap waspada, berhati-hati, dan dapat menempatkan diri sesuai kondisi sekitar mungkin dapat mengurang itindakan criminal yang akan membahayakan kita semua.


0 komentar:

Poskan Komentar